Pengamatan burung Trisik 14 Desember 2008

wah asik kita hujan-hujan di pagi sampai siang, lalu siangnya panas! capek tapi asyik..kita bertemu burung Cerek Jawa, Kicuit kerbau dan burung madu Sriganti (Nova : itu burung berkepala hitam dan paruh melengkung!)

kicuit32pwengamatan1pwengamatan2pwengamatan5

Pengamatan Burung ke Pantai Trisik

Hari minggu tanggal 14 Desember 2008 para anggota SCHEDULTSEM dan Yayasan Kutilang mengadakan kegiatan pengamatan burung di Pantai Trisik. Kegiatan yang dilakukan oleh +/- 17 orang ini berlangsung dengan lancar. Walaupun cuaca mendung dan hujan sempat datang, kegiatan tersebut tidak terhalangi oleh keadaan. Pada kegiatan kali ini, para pengamat burung telah berhasil mengamati 6 jenis burung di kawasan pantai trisik. Selain itu, para pengamat burung juga mencatat ciri-ciri burung yang berhasil diamati. Bila kemarin saat melakukan pengamatan di pasar burung ngasem dilekukan tanpa menggunakan alat, namun kali ini pengamatan dibantu dengan dua alat yang bernama monokuler dan binokuler. Monokuler adalah teropong yang berlensa satu, sedangkan binokuler adalah teropong yang berlensa dua. Dengan demikian kita bisa mengamati objek jauh maupun objek dekat. Berikut ini adalah nama dan ciri-ciri burung yang berhasil diamati:

  1. Madu sriganti

  2. Cerek jawa

  3. Walet linci

  4. Kicuit kerbau

  5. Apung tanah

  6. Raja-udang biru

Annisa Nur H (Kelas VII D)

Hari minggu tanggal 14 Desember 2008 para anggota SCHEDULTSEM dan Yayasan Kutilang mengadakan kegiatan pengamatan burung di Pantai Trisik. Kegiatan yang dilakukan oleh +/- 17 orang ini berlangsung dengan lancar. Walaupun cuaca mendung dan hujan sempat datang, kegiatan tersebut tidak terhalangi oleh keadaan. Pada kegiatan kali ini, para pengamat burung telah berhasil mengamati 6 jenis burung di kawasan pantai trisik. Selain itu, para pengamat burung juga mencatat ciri-ciri burung yang berhasil diamati. Bila kemarin saat melakukan pengamatan di pasar burung ngasem dilekukan tanpa menggunakan alat, namun kali ini pengamatan dibantu dengan dua alat yang bernama monokuler dan binokuler. Monokuler adalah teropong yang berlensa satu, sedangkan binokuler adalah teropong yang berlensa dua. Dengan demikian kita bisa mengamati objek jauh maupun objek dekat. Berikut ini adalah nama dan ciri-ciri burung yang berhasil diamati:

  1. Madu sriganti

  2. Cerek jawa

  3. Walet linci

  4. Kicuit kerbau

  5. Apung tanah

  6. Raja-udang biru

Nannisa H. R. (Kelas VII F)

Minggu tanggal 14 Desember 2008 adalah hari yang sangat mengasikan, karena aku dan teman-teman Sekedulsem pergi ke pantai trisik untuk mengamati burung. Kami pergi kesana dengan mengendarai mobil. Perjalanan kesana cukup jauh. Sesampainya di pantai cuaca agak mendung. Sesudah mempersiapkan alat-alat kami pergi ke muara. Sayangnya sesaat setelah berangkat cuaca menjadi hujan. Akhirnya kami memutuskan untuk menunggu hujan reda dan pergi ke salah satu ramah untuk berteduh. Setelah hujan reda, kami melanjutkan perjalanan. Kami menemui banyak burung, diantaranya;

  1. Apung tanah

  2. Madu sriganti

  3. Cerek jawa

  4. Raja-udang biru

Perjalanan cukup melelahkan. Namun, itu pengalaman berharga yang takkan kulupakan.

Nova Harsanto A. (Kelas VII D)

Waktu hari Sabtu kemarin tanggal 13 Desember 2008, sehabis pulang sekolah aku dan temen-temen berkumpul di ruang Scedultshem dan berbicara tentang kegiatan besok minggu. Akhirnya sesuai dengan kesepakatan kami akan melakukan pengamatan ke Pantai Trisik di Galur, Brosot, Kulon Progo. Berkumpul di sekolah pukul 06.30.

Hari minggunya aku bersiap-siap lebih cepat dari biasanya waktu sekolah. Pukul 06.00 aku langsung berangkat dari rumah ke sekolah yang jaraknya kira-kira 6,5 Km. Sesampainya di sekolah ternyata sudah banyak teman yang datang. Kira-kira 20 menit kemudian mobil dari yayasan kutilang datang. Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu datang dan kami pun berangkat ke Pantai Trisik. Di perjalanan kami semua bercanda, cerita-cerita, makan-makan, dengerin radio, main hape, dll. Karena kegiatan itu, perjalanan terasa lebih singkat dan cepat apalagi melewati jalan Bantul-Srandakan-Brosot. Setelah sampai di lokasi kami melewati pintu gerbang pembayaran tiket masuk. Sehabis membayar mobil langsung menuju lokasi. Setelah sampai aku langsung turun bersama teman-teman. Sehabis turun aku merasa agak haus dan aku ingat aku bawa minum. Nggak lama setelah itu aku dkk. naik mobil lagi untuk ke tempat pengamatan. Setelah sampai kami dibagi alat untuk mengamati burung yang namanya Binokuler, tapi ada juga yang dikasih Monokuler. Kalau aku sih dikasih binokuler. Kayaknya lebih enak pakai binokuler, soalnya lebih praktis dan simpel. Waktu mau pengamatan, cuacanya agak mendung ya tapi gerimisnya udah tdai waktu di loket pembayaran. Kalau sekarang yha antara gerimis dan hujan aja. Kebetulan waktu kemarin sabtunya disuruh membawa payung/jas hujan untuk jaga-jaga. Ya tapi aku lupa tidak membawa ya sudah basah-basahan. Dan temen-temen lain juga tidak bawa Cuma 1 kalau gak 2 kalau gak 3 yang bawa jas hujan. Chee… lupa sapa??!. Tanpa buang-buang waktu kami langsung berjalan ke arah muara untuk melihat burung. (dengan binokuler/ monokuler lho…!). Aku melihat ada burung-burung yang beterbangan. Juga ada burung yang seperti pesawat yang mau mendarat ke air! Cwuuzh… (mendarat terus terbang lagi, yha pokoknya kereen…!). Saking banyaknya burung lupa deh untuk dicathet nama dan ciri-cirinya. Ya udah nanti aja liat pengamatan berikutnya. Habis itu pindah lokasi, pindah, pindah lokasi lagi (sambil pindah nyebrangin muara lho..! seru!) dan berhubung gerimis kami diajak berteduh di suatu bangunan (rumah) yang kiri-kanannya kayaknya rumah penduduk (Kenapa teduhnya ngga’ dari tadi yha?). Waktu berteduh aku ga kebagian tempat duduk (kursi) yho terpaksa aku ndudukin temenku ajah!! (pangku!). Keren kayaknya aku berat! (heeee… baru nyadar) temenku yang tak dudukin tadi pindah tempat! Fiuh… baru itu aku dapat duduk lega…! Pas duduk-duduk ada yang bagi-bagi snack, sambil makan kami lihat tontonan gratis. Ya… walaupun gak disengaja. Nha di depan kami ada genangan air bekas hujan tadi. Ya di air itu ada kotoran bebek, nha pas itu juga ada bebeknya di situ. Bebeknya itu minum air… terus sampai airnya nyiprat-nyiprat. Yha pas anehnya, masak air yang ada kotorannya dia sendiri itu diminum! (hiyek…njijiki!) nha lucunya aku mikir nek manusia gimana yha? Dari situ aku mikir kita harus bersyukur diberi akal pikiran oleh Allah SWT tidak seperti hewan yang tidak diberi, sehingga tidak bisa membedakan mana yang benar & mana yang salah (Eh.. maaf malah khutbah..!). Nggak lama kemudian aku ditelpon sama ortuku! Ayahku tanya-tanya…! gitulah, nha biar g’ kayak anak manja (emang bukan bukan anak manja’) aku pake bahasa padang biar temen-emen ga’ tahu maksudnya. Sehabis ditelpon & sehabis makanan ringannya abis pengamatan dilanjutkan dengan jalan kaki (emang dari tasi jalan kaki!). Jalan, jalan, jalan, jalan dan jalan. Kira-kira diperjalanan mas Anto menemukan buah berwarna merah seperti buah naga (dragon fruit) dan membukanya, kemudian mencobanya.. aku ketagihan ngeliatnya, tak kira buah naga yang masih kecil aku langsung mencobanya. Setelah mencoba, ternyata rasanya tawar (ga’ ada rasanya) Cuma di lidah kayak ada duri nyangkut gitu. Lha aku kapok soalnya tadi mas Anto bilang gini “Kowe ki wis gendhut opo wae doyan!”. Ya ga’ tak dengerin deh (huu.. kualat) juga daripada ga’ nyoba??? Gak berapa lama udah nyampe ke lokasi pengamatan di sana ada burung macem-macem ada apung tanah, madu sriganti, walet linci, kicuit kerbau, cerek jawa, dll. ngeliatnya pake binokuler lho. Waktu binokulerku tak pinjemin temenku aku dipanggil maswa disuruh liat burung pakai monokuler itu, wah mataku gak sampai, wah… parah, karena penasaran aku coba jinjit-jinjit biar kelihatan. Yen bisa kelihatan walaupun sebentar (juga burungnya ngeyel pindah-pindah). Singkat cerita pindah tempat dan berhenti di pinggir pantai yang kebetulan airnya warnanya coklat. Jadi gak bisa main air. Singkat lagi abis foto-foto, maen-maen, balek lagi ke tempat teduh tadi. Setelah sampai ditempat berteduh kami merasa haus dan aku dkk membeli pop es. Habis itu balik lagi ke tempat persinggahan pertama. Disana kami cerita-cerita, main HP dll. O.. iya mas Bin juga ngajak main air ke pantai. Aku dan temen-temen langsung ke pantai. Kebetulan yang sebelah sini airnya tidak coklat. Wii… bisa main air nih.. awalnya aku berniat ga’ sampai basah semua, tapi apa boleh buat pada siram-siraman air ya udah basah deh semua. Nha lagi maen air aku ditelpon lagi. Singkat cerita kami balik. Awalnya aku ga’ mau ganti trus akhirnya ganti baju kok, karena geli akhirnya celanaku juga tak ganti walaupun gantinya di bunker (ya kayak tempat persembunyian gitu). Habis ganti dll, istirahat kami pulang ke jogja (sekolah) waktu pulang itu udah jam 14.00. sayang aku melewatkan sholat Dzuhurku..! Chee.. Tobat !) Sehabis sampai disekolah teman-teman ada yang ambil nasi bungkus, sepeda, minta pulsa (aku). Setelah pada pulang tinggal aku dan temenku yang bernama Nova. Habis Nova dijemput aku belum. Ya akhirnya 5 menit kemudian aku dijemput. Hari ini aku senang sekali… Apalagi kalau lolos seleksi. Amiin…

Jenis burung yang terdapat di pantai Trisik yang aku lihat:

  1. Madu sriganti (Nectarinia jugularis)

  2. Cerek jawa (Charadrius javanicus)

  3. Walet linci (Collocalia linchi)

  4. Kicuit kerbau (Motacilla flava)

  5. Apung tanah (Anthus novaeseelandie)

Yori Hariyandra (Kelas VII E)

3 Tanggapan to “Pengamatan burung Trisik 14 Desember 2008”

  1. baluran and me Says:

    aku kok jadi pingin balik baluran lagi ya?

  2. baluran and me Says:

    eh salah, maksudnya pingin balik jogja lagi ding hehehee….

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: